Sabtu, 12 Juli 2014

8Langkah Menjodohkan Burung Love Bird Dengan Mudah

Love Bird merupakan burung yang memiliki warna yang beragam yang memberikan keindahan pada burung ini sendiri. Disamping itu burung Love Bird juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi dengan biaya perawatan yang terbilang murah serta waktu yang dibutuhkan untuk perawatan sangatlah sedikit. Sehingga berternak burung ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai penghasilan tambahan.





Dalam menjodohkan Love Bird sebenarnya mudah bila dilakukan dengan kepahaman terhadap Love Bird serta harus sabar dan telaten dalam menjalaninya. Untuk langkah awal menjodohkan Love Bird yaitu harus bisa membedakan jantan dan betinyanya terlebih dahulu. Oleh karna itu saya menekankan untuk memahami karakteristik dan gaya hidup Love Bird secara keseluruhan. Jangan terburu untuk menjadi penangkar Love Bird jika masih belum paham terhadap Love Bird.

Baiklah kali ini saya anggap pembaca sudah betul-betul paham akan karakteristik dan pola hidup dari Love Bird. Jika masih belum paham saya akan menjelaskannya pada postingan berikutnya.

  1. Langkah pertamanya adalah pastikan Love Bird yang akan anda jodohkan sudah matang (siap kawin) atau berusia sekitar satu tahun. (Dianjurkan menggunakan indukan yang berusia satu tahun untuk menjaga kualitas keturunan dan tingkat keberhasilan)
  2. Sepeti yang sudah saya tekankan sebelumnya,Langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah membedakan jantan dan betina. Dalam hal ini hars pasti bahwa Love Bird yang anda pili adalah jantan dan betina. Jangan sampai jantan dan jantan atau betina dan betina.
  3. Tempatkan calon indukan yang sudah dipilih tadi ke sangkar gantung secara terpisah. dan full krodong selama satu minggu agar tidak melihat Love Bird lain. Serta diberikan makanan yang bisa meningkatkan birahi Love Bird seperti koaci, jagung dll
  4. Setelah satu minggu, buka kerodong dan mandikan bersamaan dan dijemur sacara berdampingan setiap hari.
  5. Tempatkan keduanya bedampingan seterusnya tanpa di kerodong hingga Love Bird terlihat sering berinteraksi dan tidur berdampingn setiap malam.
  6. Siapkan kotak yang akan dijadikan tempat perkawinan Love Bird yang diberi serutan kayu dan kulit jagung yang ditabur.
  7. Jika prilaku yang disampaikan diatas sudah terlihat. masukkan kedua Love Bird dalam satu kandang yang sudah disiapkan sebelumnya. Jangan diberi kotak pengeraman terlebih dahulu karna hanya akan membuat kedua Love Bird memperebutkan kotak pengeraman. dan akhirnya menghilangkan birahinya.
  8. Perhatikan prilaku Love Bird yang sudah diletakkan dalam satu kandang tadi. Jika menandakan Love Bird kawin maka siapkan kota pengeraman yang di isi dengan serutan kayu terlebih dahulu dan masukkan kotak pengeraman keesokan harinya.
  9. Tinggal menunggu Love Bird bertelur dan menetas.