Senin, 15 April 2013

Apa saja yang harus disiapkan sebelum beternak ikan KOI


Pada kesempatan kali ini omHOBY akan membagikan informasi tentang seluk beluk ternak ikan KOI.
Ternak KOI atau Budidaya ikan KOI bisa menjadi salahsatu hoby yang bisa menghasilkan duit. Selain kita bisa menikmati keindahan warna2 ikan koi. Kita juga bisa menjualnya dengan harga yang tinggi,tergantung dari jenis dan warna ikan koi itu sendiri. Sebelum anda memulai budidaya ikan koi, tentunya anda harus mempersiapkan dengan matang apa saja yang dibutuhkan. Berikut ini adalah beberapa persiapan sebelum anda beternak ikan KOI

1. Pemilihan tempat untuk terak KOI
Ikan koi secara alami hidup di air deras sehingga membutuhkan air jernih dan berkadar oksigen tinggi. Pemeliharaan ikan koi yang terbaik adalah di kolam sehingga mudah mendapatkan makanan alami dan sinar matahari untuk merangsang pewarnaan tubuh. Kolam sebagian dinaungi karena sinar matahari yang terlalu banyak menyebabkan suhu air kolam meningkat dan air kolam menjadi keruh akibat blooming fitoplankton.
Koi berukuran kecil dapat ditempatkan di akuarium, walaupun ini tidak dapat menjadi habitat permanen. Bila dipelihara dalam kelompok, koi akan belajar untuk tidak mengganggu ikan yang berukuran sama, tetapi memakan ikan yang lebih kecil. Koi suka menggali dasar kolam sehingga menyebabkan akar tanaman rusak.


2. Air yang Kualitas
Yang tidak kalah penting yaitu kebutuhan air. Air merupakan media hidup dan mempengaruhi kualitas tampilan ikan koi sehingga perlu mendapat perhatian. Kualitas air untuk mendukung perkembangan koi secara optimum adalah sebagai berikut:
- suhu air berkisar 24-26oC,
- pH 7,2-7,4 (agak basa),
- oksigen minimal 3-5 ppm,
- CO2 max 10 ppm,
- nitrit max 0,2.



Setelah semua siap,selanjutnya adalah membeli bibit ikan koi yang berkualitas.
>>semoga bermanfaat<<